1. INTRODUCTION

Gambar: Pixabay

Marketing afiliasi adalah proses mendapatkan penghasilan dengan cara mempromosikan produk orang (perusahaan) lain. Temukan produk yang anda suka, promosikan dan dapatkan komisi (reward) dari setiap penjualan yang terjadi melalui anda.

Untuk menjalankan marketing afiliasi, ada beberapa strategi yang kami kumpulkan untuk anda, diantaranya :

Memberikan rekomendasi produk yang sudah anda kenal

Apabila produk tersebut anda pakai sendiri akan lebih baik lagi. Anda juga tidak menawarkan (menjual) produk secara langsung ke pembaca. Anda hanya perlu memberikan rekomendasi produk berdasarkan pengalaman anda.

Detail dalam mereview

Kesalahan yang umum dibuat pelaku afiliasi pemula adalah mereview dengan luas tapi tidak detail. Anda tidak perlu mereview 40 produk dalam satu artikel tapi tidak membahas secara mendalam tiap produknya. Cukup review 1 produk dengan detail sampai kedalam.

Temukan celah pasar

Kesalahan yang umum dilakukan oleh publisher afiliasi adalah memasang banner afiliasi dari semua kategori produk ketimbang fokus terhadap satu kategori saja. Anda perlu menemukan satu celah pasar dan fokus disitu. Dengan melakukan ini anda memberikan nilai lebih artikel anda kepada pembaca/visitor.

Buat konten yang unik

Salah satu tantangan menjalankan afiliasi adalah anda harus membuktikan bahwa rekomendasi anda memiliki nilai tinggi dimata pembaca, sama pentingnya dengan produk itu sendiri. Keuntungannya, anda bisa menambahkan nilai itu dengan konten marketing.

Kenali audience anda

Audience disini berarti target visitor web/blog anda yang sesuai dengan produk dari celah pasar yang anda pilih. Hal ini berhubungan dengan poin 1 dimana dengan mengenal produk, tulisan anda akan memiliki kredibilitas yang bisa dipercaya pembaca.

Memasang afiliasi dari beberapa advertiser

Beberapa advertiser memiliki kebijakannya masing-masing dalam memberikan reward/komisi, mulai dari jumlah komisi sampai prosedur persetujuan konversi. Dengan memiliki lebih dari beberapa afiliasi, jumlah komisi anda tidak tergantung dari satu advertiser saja. Apabila diperlukan, memasang afiliasi di lebih dari satu web/blog. Jadi anda tidak bergantung dari satu sumber traffic saja.

Selalu update

Beberapa tahun lalu, banner dikenal sebagai marketing tool yang efektif dalam meningkatkan penjualan online. Saking banyaknya sampai muncul terms “banner blindness” dimana visitor sudah tidak tertarik untuk klik banner yang muncul walaupun banner tersebut berkenaan dengan apa yang mereka cari. Anda perlu mengikuti trend dari dunia internet marketing dan selalu terbuka dengan cara dan strategi baru. Contohnya, memikirkan tampilan web/blog yang mudah diakses dan enak dilihat melalui smartphone. Anda juga bisa cek di Google Trends untuk mengantisipasi trend baru.

Bangun pondasi agar afiliasi anda selalu menghasilkan

Dalam marketing afiliasi tidak ada jaminan bahwa strategi anda yang sukses hari ini akan sukses dibulan depan. Poin nomor 1-7 menjelaskan cara membangun pondasi kuat untuk afiliasi anda agar selalu menghasilkan. Memiliki beberapa afiliasi dengan jumlah komisi yang kecil lebih baik dibanding memiliki satu afiliasi dengan jumlah komisi besar.

Tidak mudah menyerah

Sulit dilakukan, dan kebanyakan dari pelaku afiliasi terlalu mudah menyerah. Anda harus memonitor statisik afiliasi anda, tentukan strategi mana yang berhasil dan mana yang tidak. Lakukan perubahan bila diperlukan, lakukan pekerjaan sehari-hari dengan mempromosikan website/blog anda dan bersabar.

Sukses di afiliasi tidak akan terjadi dalam waktu singkat, anda perlu mengembangkan sikap pantang menyerah, sabar dan juga mengembangkan skill anda.