1. INTRODUCTION

Bisnis afiliasi adalah mendapatkan komisi dari bisnis lewat internet (online) dengan cara menjual / mempromosikan produk orang lain di web / blog anda. Disini anda berperan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Biasanya bisnis afiliasi mensyaratkan anda aktif di blog atau web anda, sehingga anda bisa mengarahkan pembaca / pengunjung anda ke web produsen melalui link yang terpasang di blog / web anda. Istilah-istilah yang populer dipakai dalam bisnis affiliasi antara lain : 

  1. Publisher  : Pihak pemilik blog atau web yang ingin memasang iklan.
  2. Advertiser : Pihak yang memiliki produk / jasa yang ingin produknya terpasang pada blog/web publisher.
  3. Konsumen : Pihak yang melakukan klik dan melakukan transaksi dari link yang terpasang pada blog/web publisher.

Komisi yang bisa anda peroleh jumlahnya bervariasi tergantung dari advertiser. Ada yang memberikan berdasarkan persentase dari penjualan, ada pula yang menawarkan fixed amount. Tetapi yang jelas adalah, bisnis afiliasi bukanlah cara mudah mendapatkan uang, karena disini anda sebagai publisher maupun advertiser sebaiknya memiliki kejelian dalam memilih partnernya, selain itu konten promosi harus dipersiapkan dengan cara sebaik-baiknya.

Publisher disarankan memilih produk yang cocok dengan isi blognya agar tingkat konversi penjualan bisa terjadi lebih tinggi. Selain itu perbedaan tema yang terlalu berbeda kadang bisa mengakibatkan pengunjung anda meragukan subyektifitas anda. Hal ini pula harus diterapkan ke pihak advertiser dalam memilih publisher agar promosinya sampai ke konsumen yang tepat.

Advertiser bisa merupakan sebuah perusahaan yang menjual produk atau jasa. Yang perlu diingat adalah apabila anda bersedia membayar pihak lain (publisher) untuk membantu anda menjual atau mempromosikan produk anda, maka anda adalah advertiser.

Konsumen adalah komponen terakhir dari ketiganya, merupakan pihak yang melihat tampilan iklan dan melakukan action di website advertiser (dengan melakukan klik/mendaftar/membeli) melalui link afiliasi di website atau blog milik publisher. Action ini juga biasa disebut konversi.

 

Bagaimana Cara Kerja Bisnis Afiliasi?

Pada saat ini, pelaku bisnis afiliasi terbaik datang dari kalangan blogger dan aktivis media sosial yang memiliki jumlah follower yang banyak. Karena itu banyak advertiser yang memilih untuk berafiliasi dengan mereka yang memiliki pengaruh besar di dunia maya atau mereka yang bersedia mempromosikan produk. Para pelaku bisnis afiliasi mempromosikan produk melalui link atau banner yang dipasang pada testimoni / review atau konten lain di blog / website.

Advertiser akan memberikan komisi dari setiap transaksi / action / konversi yang terjadi lewat link atau banner tersebut. Ini jelas lebih efisien dibanding promosi jenis lain yang mengharuskan advertiser membayar biayanya diawal. Ini merupakan kondisi saling menguntungkan dimana advertiser bisa mendapatkan pelanggan baru dan keuntungan penjualan dan publisher mendapatkan komisi.

Jadi anda (atau orang lain) bisa menulis artikel tentang satu topik tertentu, lalu menempatkan link produk yang sesuai dengan topik tersebut di artikel yang dianggap akan berguna bagi pembaca anda. Selama link produk tersebut adalah link afiliasi, anda berkesempatan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang terjadi.

 

 

6 Alasan Menjadi Pelaku Bisnis Afiliasi

  1. Biaya murah. Untuk memulai sebuah bisnis kecil konvensional, anda memerlukan tempat untuk menyimpan produk dan tempat untuk menjualnya. Di bisnis afiliasi anda cukup memakai blog gratis dan koneksi internet.
  2. Anda tidak perlu membayar karyawan. Anda juga tidak memerlukan kantor, karena bisa anda lakukan sendiri. Ketika bisnis afiliasi anda berkembang, anda bisa menyewa tenaga lepas untuk membantu.
  3. Tidak perlu memiliki produk. Anda hanya perlu mempromosikan produk yang sedang dijual.
  4. Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus tentang produk yang dipromosikan. Cukup dengan pengetahuan umum tentang produk tersebut dan menawarkannya ke pembaca yang tepat.
  5. Pendapatan pasif. Bisnis ini seperti anda memiliki rumah yang anda sewakan, selama rumah tersebut milik anda dan terawat, rumah tersebut akan menjadi sumber pendapatan anda.
  6. Waktu kerja fleksibel. Fleksibel disini bukan berarti anda bisa maksimal dengan hanya bekerja beberapa menit saja dalam sehari, tetapi anda bisa memilih kapan anda ingin mulai bekerja.

Seperti hal nya bisnis pada umumnya, pendapatan anda tergantung dari seberapa serius anda mengerjakan bisnis anda. Apabila anda memiliki dedikasi menjalani afiliasi anda, 100% pikiran anda kerahkan ketika menjalankannya, maka bisa dipastikan anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai sumber utama pendapatan anda.