1. INTRODUCTION

Gambar: Pixabay

Dalam dunia afiliasi, ada beberapa sistem / model bisnis yang perlu anda ketahui yang berhubungan dengan komisi (reward) yang nantinya akan anda terima yaitu : CPA (Cost Per Action) dan CPC (Cost Per Click), bahkan saat ini ada model lain dari CPC yaitu Lead CPC. Apa perbedaan dan keunggulannya?

 

CPA (Cost Per Action)

Sesuai dengan singkatannya, CPA atau Cost Per Action berarti anda sebagai publisher menerima komisi apabila terjadi “action” atau transaksi yang disepakati bersama antara pemilik iklan (advertiser) dengan platform afiliasi dimana anda bernaung. Bentuk transaksi tersebut biasanya adalah pembelian, register, download atau install.  Keunggulan sistem ini adalah memberikan komisi dengan jumlah yang jauh lebih besar dibanding sistem CPC atau Lead CPC. Dengan CPA, anda akan terdorong untuk memperhatikan konten blog / website anda karena sudah bisa dipastikan bahwa dengan sistem ini, hanya memasang banner saja tidak cukup. Banner tersebut perlu didukung konten yang tepat untuk bisa mendapatkan action. Seperti apa “konten yang tepat” tersebut? Ada beberapa cara, salah satunya adalah dengan menulis review. Apabila anda mereview suatu produk dan di dalam artikel tersebut anda juga memasang banner yang berhubungan dengan produk tersebut, pembaca anda akan lebih tertarik untuk melakukan transaksi melalui link afiliasi anda ketimbang harus browsing lagi. Ini adalah win-win solution dari sistem CPA, dimana kualitas blog anda meningkat, traffic bertambah, dan anda mendapatkan reward dari transaksi.

 

CPC (Cost Per Click)

Sistem CPC atau Cost Per Click menawarkan cara kerja yang lebih sederhana dibanding CPA. Dimana anda mendapatkan reward dari setiap klik link afiliasi yang dilakukan pembaca anda melalui blog / website anda. Simpel dan mudah menjadi keunggulan sistem ini. Sayangnya tidak banyak pemilik iklan yang tertarik untuk berafiliasi menggunakan sistem ini karena – walau biaya per klik nya cenderung rendah – sistem CPC rawan freud (penipuan) dimana klik yang terjadi bukan secara organik / natural melainkan dari satu sumber dengan tujuan untuk meningkatkan komisi  sang publisher secara cepat dan mudah. Walau demikian, campaign dengan sistem CPC tetap diminati segelintir advertiser yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung web (traffic).

 

Lead CPC

Sistem Lead CPC memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan CPC pada umumnya. Sistem ini mengharuskan pengunjung melakukan klik sampai ke halaman tertentu untuk terhitung sebagai action – Biasanya pengunjung diminta klik sampai ke halaman detail produk / layanan. Keunggulan sistem ini tidak perlu terjadi transaksi, yang menjadi ciri khas CPA dan tidak boleh hanya klik sampai ke halaman depan yang menjadi ciri CPC. Tujuannya adalah dengan harus melakukan lebih dari satu kali klik akan mengurangi (menghilangkan) kemungkinan freud yang sering terjadi pada sistem CPC. Sayangnya, sistem ini menawarkan reward yang tidak beda jauh dari CPC sehingga tidak sebesar sistem CPA.

 

Mengapa memilih ACCESSTRADE?

Saat ini ACCESSTRADE lebih banyak memakai sistem CPA karena dipercaya memberikan solusi saling menguntungkan baik untuk advertiser dan publisher. Advertiser mendapat transaksi, sedangkan publisher bisa mendapat reward besar dari setiap konversi melalui blog / web mereka. Selain itu, reward yang bisa anda dapatkan dari sistem CPA jauh lebih besar dibanding CPC.

Seperti telah disebut diatas, sistem CPA merupakan sistem baru favorit advertiser. Oleh karena itu sistem ini bisa dibilang akan menjadi trend baru di dunia afiliasi.  

Dengan bergabung bersama ACCESSTRADE, sebagai publisher anda tidak hanya berkesempatan mendapatkan reward / komisi, tetapi juga bisa meningkatkan kualitas blog / website dari segi konten. Karena ACCESSTRADE sadar bahwa sebagai pelaku bisnis afiliasi, anda perlu mengetahui banyak hal tentang traffic, SEO, SEM dan lain sebagainya. ACCESSTRADE bersedia memberikan / membagikan pengalamannya kepada para publishernya.

Jadi selain mendapat uang, anda juga bisa mendapatkan ilmu baru disini.